Pedoman Umum dan Kriteria Proposal/Penilaian

Pedoman Umum Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang 2017 dapat diunduh disini

 

Penilaian

Penilaian dikelompokkan dalam 4 bidang yaitu :

  • Inovasi Teknologi Bidang Agribisnis Inovasi Bidang Agribisnis adalah kegiatan penciptaan, dan atau perekayasaan serta pengembangan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi yang meliputi aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran yang memanfaatkan sumber daya alam untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

    Ciri teknologi yang berorientasi agribisnis adalah mampu:
    1. Meningkatkan efisiensi dan cost effectiveness produksi melalui teknologi inovatif, baik berupa peralatan ataupun sistem produksi.
    2. Mengurangi kehilangan hasil pada saat pra panen dan pasca panen.
    3. Mengolah produk menjadi produk yang memiliki nilai tambah.
    4. Mempertahankan produktivitas dan kualitas produksi.

    Kegiatan aspek pengolahan hasil pertanian (Agroindustri) meliputi

    • Pengolahan komoditas primer menjadi produk antara : Pembuatan tepung terigu, maizena, tapioka, dan sebagainya.
    • Pengolahan komoditas primer menjadi barang jadi yaitu Pembuatan makanan dan minuman seperti : aneka kripik, abon, sari buah, sirup dan sebagainya
  • Inovasi Teknologi Bidang Energi Inovasi Bidang Energi adalah kegiatan dalam lingkup penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada untuk pemanfaatan energi dan efisiensi energi. Di dalamnya termasuk proses untuk menghasilkan, mengkonversikan, menyimpan, mengirim dan memanfaatkan energi secara lebih efektif dan efisien, serta mempertimbangkan keberlanjutan (sustainability) sumberdaya yang digunakan.
  • Inovasi Teknologi Bidang Lingkungan Hidup Inovasi Bidang Lingkungan Hidup adalah kegiatan pengembangan, dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi yang meliputi pengolahan, pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. Sesuai Undang Undang no.32 tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • Inovasi Teknologi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Inovasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu proses pengembangan, dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis, nilai dan konteks ilmu pengetahuan baru, cara atau metode baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia berupa penelitian, pengembangan, demonstrasi dan penyebaran yang mengarah pada pengembangan IPTEK. Inovasi TIK bisa berupa inovasi produk maupun inovasi proses. Inovasi produk yaitu penciptaan perangkat keras (hardware), piranti lunak (software), tata kelola data atau kombinasi ketiganya, yang bersifat baru, belum diterapkan secara luas, dan memiliki potensi untuk diterapkan dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Inovasi produk baru yang dibuat harus memiliki latar belakang pengembangan yang berasal dari kebutuhan atau kesulitan yang dialami masyarakat. Sedangkan inovasi proses TIK berupa perangkat keras, piranti lunak, atau kombinasi keduanya, yang teknologinya sudah ada, dan di adopsi/digunakan secara kreatif untuk mengatasi masalah, mendukung kegiatan, dan telah memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Adapun unsur-unsur yang dinilai dalam Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang Tahun 2017 adalah :
  • Inovasi teknologi mulai dari proses, hasil sampai dengan dampak inovasi.
  • Penjabaran secara rinci terhadap unsur-unsur yang dinilai dan tata cara penilaian/evaluasi sebagaimana pada (Lampiran 3 dan 4).

 

JADWAL LOMBA

Jadwal Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang adalah sebagai berikut :

    Kegiatan Tanggal
    Pendaftaran 11 Maret - 11 April 18 April 2017
    Penjurian 11 Maret - 15 April 2017
    Pengumuman Pemenang 18 Mei 2017
    Persiapan Pameran Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 19 Mei - 30 Juni 2017
    Pameran pada event APEKSI 10 Juli 2017
    Penganugrahan dan Pameran INOTEK 10 Agustus 2017